HUT ke-74 Kabupaten Muara Enim Plt. Bupati Mendapat Kado Predikat Kepala Daerah Inovatif, Sakaligus Apresiasi Gubernur Sumsel Atas Program Pemkab

MUARA ENIM, INFOMEDIAKOTA.COM —
Rapat Paripurna ke-25 dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muara Enim yang ke-74 tahun 2020 di ruang Rapat Paripurna DPRD. Dihadiri oleh 32 anggota DPRD kabupaten Muara Enim dari 45 anggota serta tamu undangan, unsur Forkompimda, Pimpinan BUMN, BUMS, BUMD, tokoh masyarakat, partai politik, serta beberapa mantan Bupati, Wakil Bupati Muara Enim dan Sekda Muara Enim.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengapresiasi program-program yang dilaksanakan oleh Pemerintah kabupaten Muara Enim didalam mencapai Muara Enim untuk Rakyat atau disingkat #Merakyat. Hal ini diungkapkannya dalam sambutannya secara virtual, Jum’at (20/11/2020)

“Selamat hari jadi yang ke-74 untuk kabupaten Muara Enim dan kami bangga atas apa yang dilakukan oleh Pemkab Muara Enim selalu selaras dan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi didalam menjalankan roda pembangunan di Sumatera Selatan dan Muara Enim khususnya,”ungkap Herman Deru.

Lanjut Deru, Karena itu didalam meningkatkan pembangunan di Sumsel, Pemprov Sumsel meminta Laporan terkait pembangunan di kabupaten Muara Enim terkhusus peningkatan insftrastruktur guna mengevaluasi pembangunan apa saja yang telah dilakukan serta pembangunan apa saja yang bum terealisasi.

“Mari momentum ini kita jadikan sebagai bahan evaluasi didalam meningkatkan pembangunan di kabupaten Muata Enim. Maka itu kami minta laporan terkait pembangunan yang ada di kabupaten Muara Enim dengan tujuan untuk mengevuasi apa saja yang belum diselesaikan serta sejauh mana realisasi pembangunan yang ada sehingga ditahun mendatang peningkatan pembangunan yang belum tercapai dapat dilanjutkan,”ujarn HD Dalam Sambutanya

Sambung HD mengungkapkan bahwa kabupaten Muara Enim berbatasan dengan 10 kabupaten kota hal ini membuktikan Muara Enim sebagai jantung atau asnya Provinsi Sumsel.

“Kabupaten Muara Enim berada diposisi yang sangat strategis dengan berada di jantung Provinsi serta salah satu kabupaten tua yang ada di Sumsel. Maka itu hendaknya visi misi serta program Pemkab Muara Enim dapat menjadi trending center atau contoh bagi kabupaten kota lainnya. Apalagi program-program kabupaten Muara Enim terkhusus program Bunga desa dan satu ambulan satu desa sangatlah baik untuk ditiru oleh kabupaten kota lainnya. Dan dari itu Pemprov Sumsel akan memberikan insentif pada kepala daerah yang inovatif dan kreatif didalam menjalankan programnya seperti apa yang di lakukan oleh Pemkab Muara Enim,”terangnya.

Sementara itu Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya mengatakan bahwa kabupaten Muara Enim memiliki SDA yang melimpah baik dari segi pertambangan, pekebunan, maupun pertanian serta perikanan. Maka itu dirinya menegaskan Pemkab Muara Enim terus bersinergi bersama Pemprov Sumsel maupun pusat didalam menjalankan roda pembangunan di Bumi Serasan Sekundang.

Sebagaimana kita ketahui bahwa visi
presiden yaitu Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong dan dijabarkan dalam 9 (sembilan) misi presiden yang menjadi landasan utama penyusunan RPJM Nasional 2020-2024, selanjutnya diterjemahkan kedalam tujuh agenda pembangunan nasional.

“Maka, untuk melaksanakan visi dan misi pembangunan Nasional ini, Kabupaten Muara Enim mengimplementasikannya dalam Visi Kabupaten Muara Enim yaitu “Muara Enim Untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera” yang dijabarkan melalui Misi Kabupaten Muara Enim yaitu : Meningkatkan kualitas sumber daya
manusia yang beriman, bertakwa, cerdas, mandiri. Kemudian mewujudkan pembinaan anak yatim, yatim
piatu dan duafa dan bantuan langsung
kepada keluarga miskin hingga mandiri,”urai Juarsah

Masih lanjut Juarsah, didalam melaksanakn program nasional Pemkab Muara Enim juga berusaha, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui penguatan komoditas dan produk unggulan desa di sektor agribisnis,
agroindustri dan agropolitan.

“Kemudian kita juga terus berusaha Pendidikan dan Kesehatan
yang mudah di jangkau dan bebas biaya. Diiringi juga dengan peningkatkan insfrastruktur dan suprastruktur dasar yang berkualitas secara merata dan mendukung terwujudnya jalan TOL Muara Enim – Indralaya – Palembang. Dan juga terus memanfaatkan potensi SDA untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri dengan memperhatikan pengelolaan Tata Ruangan Lingkungan, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, kredibel dan berorientasi pada peningkatan pelayanan publik,”ulasnya.

Dalam mewujudkan visi dan misi
Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Daerah senantiasa bersinergi dengan seluruh penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan.

“Untuk mewujudkan visi misi Kabupaten
Muara Enim, Pemkab melaksanakan beberapa program unggulan Untuk Rakyat antara lain Program dana santunan kematian, Santunan dan pembinaan bagi anak yatim, yatim-piatu dan duafa. Kemudian Pembentukan rumah tahfizh setiap desa, pelatihan 1000 guru mengaji dan program umroh bagi pengurus masjid,”jelasnya.

Selain itu Pemkab Muara Enim memiliki Program satu Desa satu mobil ambulan. Program pemberian perlengkapan sekolah gratis kepada siswa SD dan SMP, Pendidikan gratis tingkat SD dan SMP serta program beasiswa hingga ke tingkat perguruan tinggi bagi siswa tidak mampu dan berprestasi.

“Kita juga terus berupaya melakukan Peningkatan kesejahteraan guru, Program berobat mudah dan gratis, Program peningkatan infrastruktur jalan, Program Bupati Ngantor di Desa (Bunga
Desa) untuk silaturahmi serta menerima
aspirasi dan keluhan langsung dari
masyarakat, Bantuan bibit, sarana dan prasarana pertanian (Program replanting sawit), serta Mendukung pembangunan Tol Inderalaya Muara Enim-Lubuk Linggau guna kelancaran akses transportasi,”tuturnya.

Sedangkan Plt ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki B Sc mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Pemkab Muara Enim didalam mewujudkan Muara Enim #Merakyat serta mengajak seluruh lapisan untuk terus meningkatkan kinerja didalam membangun kabupaten Muara Enim.

“Kita tingkatkan kinerja didalam mewujudkan kabupaten Muara Enim yang agamis, mandiri, sehat, dan sejahtera hingga jadilah kabupaten Muara Enim untuk rakyat atau #Merakyat. Maka itu kita butuh dukungan seluruh elemen dalam membangun kabupaten Muara Enim ini dan kami juga mengapresisasi atas prestasi yang diraih Pemkab Muara Enim baik di tingkat nasional maupun lokal Sumsel,”pungkasnya.

(adv/imk02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *